Refleksi

Sebelumnya gue gak pernah menduga kalau kerja freelance di perusahaan makanan dan minuman, adalah bekal ilmu yang luar biasa banget. Apalagi ditugasin bagian data entry dan interview. Gimana polanya dapetin data kemudian diolah dan hasilnya dirapatin buat ambil keputusan perusahaan. Berinovasi.

Waktu itu gue baru 18 tahun, terpapar lingkungan yang menurut gue Gila Banget! Seru! Kreatif! Orang-orang mikirin inovasi periklanan, inovasi produk, kemasan, sampai lingkungan kerja yang super sehat (ada tempat gym soalnya, dan makan siang selalu ada protein, buah, lengkap).

Sekarang, dengan posisi pendidikan berlatar belakang ekonomi yang sedikit belajar soal marketing, ternyata ilmu gue 8 tahun yang lalu sangat berguna!

Gue dulu sering menafik sih, kenapa gue kok kuliah ekonomi, manajemen pula, padahal gue gak pernah bercita-cita jadi manager apalagi mengelola perusahaan. Tapi, sekarang gila sih! Kenyataannya marketing "beken" banget jaman now! Ya, meskipun gue cuma paham sedikit, tapi ngobrol sama konsumen itu penting buat berinovasi.

Apa yang mereka butuhkan? Apa yang mereka mau? Apa yang mereka suka? Apa yang bagus menurut mereka? Apa yang harusnya ada saat ini?

Nah, balik lagi ke 8 tahun yang lalu. Gue sangat bersyukur. Gue dapat sedikit ilmu itu dan terekam di bawah alam sadar. Sehingga, dalam beberapa kali berdiskusi gue lebih leluasa ngebahas soal hal-hal teoritis yang berkaitan dengan marketing. Gue cuma kurang banyak baca dan mainnya kurang jauh aja, jadi sering stuck.

Eits, gue juga suka manusia kok. Gue udah pernah bilang kan kalo gue pernah punya keinginan kuliah psikologi atau politik?

Sekarang, yang gue lakukan kalau lagi mentok sama keadaan masa kini, mengingat hal positif di masa lalu bisa jadi sumbu, dan itu ngebakar lagi!

Jadi, apa yang pernah kalian lakukan di masa lalu dan jadi api semangat saat ini?

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PELANGI

Langit Berbeda

Seperti Dirimu